Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 09 Des 2018 11:15 WIB

Ekonomi Kreatif Topang Laju Ekonomi Pacitan

Danang Sugianto - detikFinance
Ilustrasi UMKM. Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi UMKM. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Angka laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pacitan dalam setahun terakhir mencapai 5,2%. Salah satu sektor yang menopang pertumbuhan ekonomi tersebut ialah ekonomi kreatif.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Pacitan Indartato ketika membuka bazar usaha kecil dan menengah (UKM) di alun-alun kota pada rangkaian kegiatan Festival Wonderful Kota 1001 Goa Pacitan Paradise of Java, Sabtu (8/12/2018).

"Semoga dengan pameran ini dapat menambah lapangan pekerjaan, sehingga mengurangi kemiskinan," katanya.

Kegiatan yang di dukung penuh oleh Kementerian Pariwisata ini, diikuti oleh 20 stand produk. Umumnya mereka adalah para perajin dan pelaku UKM lokal. Berbagai varian barang hasil produksi dipamerkan. Mulai dari makanan olahan, batik, maupun batu mulia.

Menurut Indartato, melajunya UKM di wilayah yang dipimpinnya itu ikut terdongkrak dengan kian menggeliatnya dunia pariwisata.

Dimana kini salah satu ikonnya, Pantai Klayar, Kecamatan Donorojo mampu memikat pengunjung secara signifikan paska kedatangan Presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke lokasi tersebut.

"Setelah kunjungan bapak ibu (SBY dan Ani Yudhoyono), otomatis banyak warga yang datang. Sampai saat ini tingkat kunjungannya masih diatas rata-rata destinasi wisata lain di Kabupaten Pacitan," jelasnya di hadapan SBY yang hadir bersama rombongan.

Usai pemukulan gong sebagai pembuka pameran, bupati bersama-sama rombongan Presiden ke-6 RI itu kemudian meninjau satu per satu stand. Mulai dari stan produk batik sampai makanan olahan. (das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com