Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Des 2018 14:18 WIB

Sri Mulyani Beberkan Jurus Bangun Infrastruktur Tanpa Utang

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membeberkan cara pemerintah membangun infrastruktur tanpa utang. Hal itu juga sesuai janji Prabowo-Sandiaga yang jika terpilih sebagai Presiden dan Wapres di 2019.

Sri Mulyani menyebut, membangun infrastruktur tanpa utang bisa dilakukan dengan skema kerja sama yang sudah disediakan pemerintah saat ini.

Mulai dari murni APBN, APBD, swasta, hingga kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Bahkan, Bappenas memiliki skema PINA.

"Mengenai pembangunan infrastruktur yang menggunakan berbagai mekanisme kita sudah juga melakukan beberapa hal," kata Sri Mulyani di gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (10/12/2018).

"Apakah itu pure APBN, apakah APB dengan APBD, DAK fisik, kita juga menggunakan dengan KPBU, bahkan Bappenas punya PINA. itu semua adalah mekanisme seperti yang dikatakan kalau menggunakan ekuitas maka itu tidak melakukan melalui utang," tambahnya.

Pembangunan infrastruktur tanpa utang juga bisa dilakukan dengan sekuritisasi proyek infrastruktur yang sudah jadi. Hal ini bisa dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

"Sehingga BUMN ataupun Pemda yang memiliki infrastruktur bagus bisa saja dibawa ke pasar modal meng-isuess surat berdasarkan atau menghimpun dana berdasarkan infrastruktur tersebut sehingga mereka bisa dipakai dan ditanam untuk infrastruktur," jelas dia.

Mekanisme atau skema tersebut, kata Sri Mulyani pun terus disempurnakan oleh pemerintah maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang intinya sekaligus menarik investasi ke Indonesia lebih banyak lagi.

"Jadi swasta juga merasa sekarang banyak pilihan," kata dia.

(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed