Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 11 Des 2018 16:45 WIB

Siapa Sih #CrazyRichAsian yang Nikahkan Anak Rp 1,4 T?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Mukesh Ambani dan Istri Foto: Twitter/@NitaMAmbani Mukesh Ambani dan Istri Foto: Twitter/@NitaMAmbani
Jakarta - Isha Ambani akan menggelar pesta pernikahan dengan biaya mencapai Rp 1,4 triliun. Isha merupakan anak miliarder India bernama Mukesh Ambani. Seperti apa sosoknya?

Bila selama ini predikat orang terkaya di Asia dipegang oleh Jack Ma, kini status tersebut telah beralih ke Mukesh Ambani. Jumlah kekayaannya telah mencapai US$ 44,3 miliar atau setara dengan Rp 620 triliun (kurs Rp 14.000) dan menggeser posisi Jack Ma.

Mukesh Ambani lahir di Yaman pada 19 April 1957. Ia memimpin perusahaan minyak dan gas bernama Reliance Industries yang juga masuk dalam daftar 50 perusahaan berpendapatan paling besar di dunia atau Fortune 500.


Reliance Industries sendiri dibangun oleh almarhum ayahnya bernama Dhirubhai Ambani. Dhirubhai sendiri dahulu seorang pedagang benang yang pada tahun 1966 mengawali karier sebagai produsen tekstil kecil.

Kemudian, di tahun 2002 Dhirubhai meninggal dunia sehingga Ambani dan adiknya membagi-bagi harta tersebut ke seluruh anggota keluarga. Sejak saat itu, jaringan bisnis Reliance semakin luas. Berbagai macam sektor industri digarap Reliance Industries termasuk sektor telekomunikasi lewat anak usahanya Reliance Jio.


Lewat anak usahanya itu, di tahun 2016 Reliance memicu perang harga di pasar telekomunikasi hiper-kompetitif India dengan peluncuran layanan telepon 4G Jio. Pasalnya, Jio telah menandatangani 160 juta pelanggan dengan menawarkan panggilan telepon domestik gratis, layanan data yang murah dan ponsel pintar gratis.




Tonton juga 'Orang Terkaya Indonesia Bambang Hartono Raih Medali Asian Games':

[Gambas:Video 20detik]


(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com