Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Des 2018 13:10 WIB

Naik MRT, LRT dan TransJakarta Bakal Bisa Pakai 1 Kartu

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Sebanyak 3 badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta berencana membentuk perusahaan patungan (joint ventura/JV). Tujuannya untuk mengintegrasikan tiket transportasi umum yang dikelola 3 BUMD itu.

Ketiga BUMD yang dimaksud adalah PT MRT Jakarta (MRT), PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Jakpro adalah BUMD yang menggarap proyek LRT Jakarta.

"Iya anak perusahaan ya, di mana akan ada kerja sama antara MRT Jakarta, Transjakarta dan Jakpro. Itu sedang disiapkan mekanismenya, baik mekanisme teknis maupun mekanisme administrasinya," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Targetnya pembentukan perusahaan patungan itu selesai sebelum MRT Jakarta beroperasi secara komersial di Maret 2019. Namun dia belum bisa memastikan kapan tepatnya.

"(Targetnya) ya sebelum Maret," sebutnya.

Prinsipnya, integrasi ini untuk memudahkan pengguna transportasi umum di Jakarta, yaitu mereka tidak perlu berganti kartu tiket untuk naik MRT Jakarta, Transjakarta, maupun LRT Jakarta.

"Supaya masyarakat merasa dia tadi nggak setiap naik transportasi punya tiket berbeda sehingga dilakukan integrasi ticketing," jelasnya.

Tiga BUMD itu juga belum memutuskan mekanisme perusahaan patungan akan dipimpin oleh siapa.

"Perusahaan patungan ya, saya belum tahu seperti apa mekanismenya nanti. Tapi dia perusahaan bersama, kolaborasi dari 3 perusahaan," tambahnya.




Tonton juga 'Asyik! Tiket MRT Terintegrasi Tansportasi Umum Lainnya':

[Gambas:Video 20detik]

Naik MRT, LRT dan TransJakarta Bakal Bisa Pakai 1 Kartu

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed