Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 12 Des 2018 13:42 WIB

Demi Menang Perang Dagang, Trump akan Turun Tangan Kasus Bos Huawei

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa dirinya akan ikut campur dalam usaha AS mengekstradisi CFO Huawei Meng Wangzhou. Trump akan melakukannya bila itu bisa membantu dia menang dalam perang dagang.

"Saya rasa ini akan baik untuk kesepakatan dagang besar, yang mana juga sangat penting. Untuk kebaikan keamanan nasional, saya tentu akan ikut campur, bila saya pikir itu penting," kata Trump dalam wawancaranya dengan Reuters, ditulis Rabu (12/12/2018).

Meng ditahan awal bulan ini atas permintaan dari otoritas pemerintah AS yang menduga dia berkonspirasi menipu bank untuk melanggar sanksi AS dengan menghapus transaksi yang berkaitan dengan Iran.


Pada Selasa, dia diminta jaminan US$ 7.5 juta oleh pengadilan Kanada, memungkinkan bos Huawei itu pulang ke rumahnya di Vancouver dan proses ekstradisi berlanjut.

Trump mengatakan bahwa gedung putih tengah berkoordinasi dengan Departemen Keadilan soal kasus ini, juga dengan pemerintah China. Saat ditanya apakah dia juga berkomunikasi dengan Presiden China Xi Jinping soal ini, Trump menjawab:

"Mereka belum menghubungi saya. Mereka bicara dengan orang-orang saya, tapi belum menghubungi saya," katanya.


Penangkapan ini mengancam AS bakal mengganggu hubungan antar kedua negara, bahkan saat kedua pemimpin tengah mencari jalan keluar untuk 'gencatan senjata' dan mengurangi tarif-tarif yang diimplementasikan sebelumnya.

Wakil menteri Luar Negeri China Le Yucheng memanggil Dubes AS untuk China, Terry Branstad dan protes penangkapan itu. Dia menuduh AS mencederai hak orang China.



Tonton juga 'Ketegangan Perang Dagang AS-China, Beijing Balas Naikkan Tarif':

[Gambas:Video 20detik]


Demi Menang Perang Dagang, Trump akan Turun Tangan Kasus Bos Huawei

(zlf/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed