Siapa Orang Terkaya RI yang Paling Tua?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kamis, 13 Des 2018 13:35 WIB
Foto: Ilustrasi fokus Jajaran Orang Terkaya di Indonesia (bukan untuk insert)
Jakarta -

Daftar orang terkaya di Indonesia kembali dirilis. R. Budi dan Michael Hartono kembali menempati posisi orang terkaya di Indonesia tahun ini dengan jumlah harta US$ 35 miliar atau setara Rp 507,5 triliun (kurs Rp 14.500).

Dari daftar 50 orang terkaya tersebut, Eka Tjipta Widjaja menjadi orang terkaya dengan usia paling 'senior' di Indonesia. Usia pendiri Sinar Mas ini kini 95 tahun. Jumlah harta Eka Tjipta saat ini mencapai US$ 8,6 miliar atau sekitar Rp 124,7 triliun.

Namun jumlah harta Eka tercatat menurun dibanding tahun sebelumnya. Setelah jumlah hartanya terus naik sejak 2015, jumlah hartanya tahun ini turun US$ 500 juta dari tahun 2017.

Eka sendiri merupakan imigran asal China yang merantau ke Indonesia sejak muda. Saat itu Eka memulai kariernya menjual biskuit pada usia remaja.

Kini, Eka sukses mengembangkan bisnisnya lewat Sinar Mas Group yang bergerak di bidang kertas, real estat, jasa keuangan, agribisnis dan telekomunikasi. Eka Tjipta memiliki perusahaan Golden Agri-Resources yang merupakan perusahaan terbesar kedua di dunia yang menghasilkan minyak sawit.

Daftar orang paling kaya tertua di Indonesia lainnya diisi oleh Harjo Sutanto (92) yang memiliki bisnis di bidang barang konsumsi. Kemudian berturut-turut disusul Lim Hariyanto Wijaya Sarwono (90), Mochtar Riady (89) dan Kartini Muljadi (88).



(eds/zlf)