Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 25 Des 2018 14:01 WIB

Pertama di Dunia, Luksemburg Mau Gratiskan Transportasi Umum

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Luksemburg/Foto: (Thinkstock) Luksemburg/Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Luksemburg menjadi negara pertama di dunia yang membuat semua transportasi umumnya gratis. Perdana Menteri Luksemburg Xavier Bettel mengumumkan akan menghapus tarif kereta api, trem dan bus pada musim panas mendatang.

Mengutip dari Archdaily, Selasa (25/12/2018), tarif kereta api commuter di Luksemburg sebesar 2 euro atau setara dengan Rp 33.236 (kurs Rp 16.618) untuk dua jam perjalanan. Perjalanan ini juga telah mencakup hampir semua rute di negara yang kecil ini.


Selain itu sebelumnya Luksemburg telah menawarkan transportasi gratis untuk semua orang di bawah usia 20 tahun. Siswa sekolah menengah juga bisa naik angkutan gratis dari sekolah ke rumah.

Luksemburg hingga kini memiliki lebih dari 400.000 pengguna kereta untuk bekerja juga dari negara-negara tetangga. Terlebih lagi dengan kondisi geografisnya yang diapit beberapa negara seperti Belgia, Jerman dan Prancis.


Pemerintah Luksemburg mengatakan berencana untuk merevisi tarif kereta commuter yang sebelumnya berdasarkan jarak tempuh. Mulai tahun 2020, semua tiket akan dihapus.

Langkah ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di negara tersebut. Jumlah mobil di Luksemburg sendiri merupakan yang terbanyak di Eropa. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com