Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 25 Des 2018 14:54 WIB

Mau Liburan Akhir Tahun tapi Uang Pas-pasan? Ini Tipsnya

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi Liburan/Foto: 20Detik Ilustrasi Liburan/Foto: 20Detik
Jakarta - Tidak sedikit orang yang menghabiskan akhir tahun dengan liburan. Bila punya cukup uang itu tidak jadi masalah. Namun jika uang yang dimiliki pas-pasan, apakah masih bisa liburan?

Perencana Keuangan Eko Endarto mengatakan, orang yang punya uang pas-pasan juga masih bisa ikut liburan di akhir tahun. Yang perlu diingat, liburannya disesuaikan dengan uang yang ada.

"Ya atur liburannya, bisa jadi liburannya nggak usah jauh-jauh kan. Jadi liburannya ikutin anggaran yang ada, dan bisa jadi nggak akan jauh-jauh (tempat liburannya), nggak akan macam macam tempatnya," kata dia kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (25/12/2018).


Liburan dengan uang yang pas-pasan harus pandai mengaturnya. Menurut dia, liburannya bisa diakali dengan mencari berbagai alternatif yang terjangkau, mulai dari transportasi hingga kuliner yang dipilih.

"Bisa juga cari alternatif sebenarnya, transportasi alternatif, makanan alternatif dan seterusnya," sebutnya.

Untuk itu, kegiatan liburan harus benar-benar diperhitungkan sesuai jumlah uang yang dimiliki.

"Jadi liburannya ikutin anggaran, jangan anggaran ikutin liburannya, ya nggak akan cukup karena liburan nggak terbatas ya, liburan ke mana saja bisa liburan ya. Tapi liburannya yang ikuti anggarannya, dibalik, jadi anggarannya berapa," ujarnya.


Pada intinya bagaimana memanfaatkan uang yang ada untuk mengisi liburan tanpa harus memaksakan keinginan.

"Nah liburannya ikuti anggarannya. Kenapa? karena liburan di taman kota dekat rumah juga bisa dikatakan sebagai liburan kan. Nggak harus ke luar kota, nggak harus ke luar uang terlalu besar. Misalnya dia katakanlah nyewa Grab untuk muter kota kan sudah liburan juga sebenarnya," tambahnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com