Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 29 Des 2018 18:03 WIB

RI Rawan Gempa, Pengusaha Jamin Investasi Tak Terganggu

Hendra Kusuma - detikFinance
Ketum Apindo Hariyadi Sukamdani/Foto: Muhammad Idris/detikFinance Ketum Apindo Hariyadi Sukamdani/Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Bencana alam seperti gempa yang sering terjadi di Indonesia tidak akan berdampak pada iklim investasi tanah air.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, pelaku usaha akan menganggap bencana alam pasti akan terjadi kapan dan di mana saja.

"Pada prinsipnya masalah bencana alam tidak mengganggu iklim investasi. Karena bencana alam bisa terjadi di mana saja," kaya Hariyadi saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Sabtu (29/12/2018).

Tidak berdampak pada iklim investasi, kata Hariyadi, bisa dilihat dari Jepang yang dicap sebagai negara paling sering mengalami gempa. Hasilnya, investasi di negara Matahari terbit itu tetap naik.

"Seperti Jepang yang rawan gempa pun investasinya tetap tumbuh," ujar dia.


Yang terpenting, kata hariyadi, pengusaha lebih ingin kepastian kebijakan atau aturan yang diberlakukan oleh pemerintah dalam mengantisipasi bencana alam yang terjadi di Indonesia.

"Pemerintah harus siap untuk mitigasi bencana alam dengan regulasi tata kota dan struktur bangunan yang mengacu pada tingkat keamanan yang tinggi serta mengoptimalkan sistem peringatan dini, jalur evakuasi dan titik penyelamatan (rescue point) yang terencana dengan baik sehingga bila terjadi bencana akan minim korban jiwa," ungkap dia.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed