Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 02 Jan 2019 09:32 WIB

Darmin Pede Inflasi 2018 Lebih Rendah dari Sebelumnya

Danang Sugianto - detikFinance
Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Danang Sugianto Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Besaran inflasi tahun 2018 diyakini lebih rendah dibandingkan 2017. Di 2017, besaran inflasi 3,61% atau lebih rendah dari target 4,3%.

Di 2018 sendiri, target inflasi dalam APBN ditetapkan sebesar 3,5%. Namun, besaran inflasi tahun lalu diyakini tak melebihi angka tersebut.

"Saya yakin inflasi kita akan di bawah tahun lalu. Itu menunjukkan kita semakin berhasil mengendalikan inflasi," kata Menko Perekonomian Darmin Nasution dalam pembukaan perdagangan saham di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (2/1/2019).

"Sehingga barangkali kita persiapkan menggeser target inflasi kita ke arah yang lebih rendah," tambah Darmin.


Sumbangan inflasi tahun ini diperkirakan berasal dari tarif angkutan dan harga telur ayam yang mengalami peningkatan.

"Inflasi kita kelihatannya tahun ini tarif angkutan dan ironinya harga telur ayam yang malah meningkat," ujar Darmin.

Selain itu, Darmin juga membeberkan keberhasilan pemerintah di antaranya menurunkan tingkat kemiskinan ke level 9,82%. Angka kemiskinan berhasil ditekan ke single digit.

Gini ratio juga berhasil ditekan ke 0,391 dari sebelumnya 0,389. Selanjutnya, tingkat pengangguran juga disebutnya turun.

"Itu semua sebetulnya bagian penting dari pertumbuhan ekonomi yang baik," kata Darmin.


Dengan capaian tersebut, ekonomi Indonesia tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Tentunya untuk mencapai hal tersebut harus disertai dengan kerja yang lebih keras lagi.

"Dengan demikian kita punya modal untuk optimis bahwa 2019 ini akan bisa kita capai kinerja yang lebih baik lagi," ujar Darmin.

Meski demikian, masih ada sejumlah hal yang harus diselesaikan pemerintah seperti defisit transaksi berjalan hingga perang dagang AS-China.

"Tapi hari ini kami mendengar baik AS maupun Tiongkok sudah persiapkan langkah mencapai kesepakatan," ujar Darmin. (ara/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed