Panggil Pejabat Kementerian, Darmin Gelar Rakor Karet

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Senin, 07 Jan 2019 10:20 WIB
Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pagi ini menggelar rapat mengenai karet. Darmin memanggil pejabat-pejabat dari kementerian terkait.

Dipantau detikFinance, Darmin sampai di kantornya pada pukul 08.45 WIB. Kemudian disusul perwakilan pejabat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Perhubungan hingga Perindustrian pada pukul 09.00 WIB.

Berdasarkan agenda Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin akan memimpin rapat mengenai karet di Gedung Ali Wardhana, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (7/1/2019).


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat meminta agar produksi karet dalam negeri bisa dimanfaatkan, misalnya digunakan oleh Kementerian PUPR sebagai bahan dasar aspal jalan.

Pasalnya, saat ini harga karet sedang turun. Terlebih karet juga merupakan komoditas yang sulit dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah. Sehingga agar tidak merugikan petani dalam negeri ia meminta agar bisa dimanfaatkan.

"Oleh sebab itu, sebulan yang lalu saya perintahkan kepada Pak Menteri PU, Pak Basuki. Pak Menteri, sekarang pengaspalan jalan harus pakai karet. Ini sebentar lagi yang di Sumsel kita akan beli langsung dari petani atau koperasi untuk beli getah karetnya. Dibeli langsung oleh Kementerian PU," kata Jokowi saat Evaluasi Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 di Palembang, Minggu (25/11/2018). (dna/dna)