Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Jan 2019 15:45 WIB

Kemenhub Mau Bikin Bus Trans Java, Apa Itu?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membuat trayek bus baru, trayek itu akan diberi nama "Trans Java". Bus Trans Java ini nantinya akan melayani rute Jakarta-Surabaya.

Bus ini merupakan salah satu pilihan moda transportasi umum yang beroperasi di sepanjang jalur Tol Trans Jawa. Direncanakan bus ini dapat mengurangi kecenderungan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi saat bepergian.

Direktur Angkutan dan Multimoda Darat Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani mengatakan bus Trans Java merupakan trayek bus pelayanan khusus. Maksudnya, bus Trans Java ini hanya akan beroperasi di dalam Tol Trans Jawa, tanpa keluar dari tol.


"Sebetulnya sih hampir sebagian besar PO (perusahaan otobus) juga sudah ada rute ke Surabaya. Nah nanti, kita buat bus (Trans Java) ini operasionalnya hanya di dalam tol tidak keluar tol, pelayanan khusus lah," ungkap Ahmad saat dihubungi detikFinance, Senin (7/1/2019).

Menurut Ahmad, bus Trans Java ini nantinya akan memiliki pelayanan setara dengan bus eksekutif/bisnis. Maka dari itu, menurutnya bus ini rencananya akan dipatok dengan tarif non-ekonomi.

"Pastinya (bus eksekutif). Bukan bus dengan tarif ekonomi, pasti (kualitasnya) akan setara bus eksekutif," kata Ahmad.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan transportasi umum bus 'Trans Java' ini. Dia menginginkan ada moda transportasi yang dapat beroperasi di sepanjang jalur Tol Trans Jawa. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed