Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Jan 2019 18:37 WIB

Menaker Klaim Sudah 10 Juta Lebih Lapangan Kerja Tercipta

Saifan Zaking - detikFinance
Ilustrasi Tenaga Kerja Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi Tenaga Kerja Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengklaim berhasil melewati target dalam hal penciptaan lapangan pekerjaan. Dengan begitu, tingkat pengangguran di Indonesia dapat semakin berkurang.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan bahwa dari tahun 2015 hingga 2018, Kemnaker telah melampaui target penciptaan 10 juta lapangan kerja di Indonesia. Tiap tahunnya, Kemnaker memiliki target 2 juta penciptaan lapangan kerja.

"Dalam kurun waktu 2015 hingga Desember 2018 Kemnaker telah berhasil menempatkan 10.340.690 orang atau sudah melampaui target penciptaan 10 juta lapangan kerja, namun penciptaan 2 juta lapangan kerja pada tahun 2019 harus tetap dilaksanakan," jelasnya di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (8/1/2019).


Presiden telah menetapkan bahwa target yang harus dicapai dalam menciptakan lapangan kerja adalah 2 juta per tahun. Meski begitu, pihaknya tidak berpuas diri dan akan terus meningkatkan kinerja.

"Janji bapak presiden kan 2 juta per tahun, sampai akhir 2018 sudah tercapai 10 juta yang telah ditempatkan, 2019 tetap harus kita genjot untuk melakukan penciptaan minimal 2 juta (lapangan kerja)," tambahnya.


Pihaknya akan terus mendorong perluasan kesempatan kerja dengan menambah informasi pasar kerja hingga berwirausaha.

"Melalui informasi pasar kerja, penempatan tenaga kerja dalam dan luar negeri, dan perluasan kesempatan kerja padat karya, wirausaha baru dan inkubasi bisnis," tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed