Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Jan 2019 20:08 WIB

Bos Bank Dunia Mundur, Luhut: Saya Telepon Tanya Kenapa Resign

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim. Foto: Rengga Sancaya Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Bank Dunia (World Bank), Jim Yong Kim, mengundurkan diri. Kim akan melepas jabatan itu akhir Januari ini alias tiga tahun lebih cepat dari berakhirnya masa jabatan.

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengaku langsung menelpon Jim Yong Kim saat mengetahui kabar tersebut. Dia bilang, Jim akan akan bergabung dengan institusi swasta yang fokus pada investasi infrastruktur di negara-negara berkembang.

"Tadi saya bicara lewat telepon dengan Presiden World Bank yang resign. Saya tanya kenapa resign. Dia bilang ada mau bikin satu infrastructure fund dengan partner untuk emerging market," kata Luhut saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (8/1/2019).


Dia bilang, Jim Yong Kim menyebut Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang paling menarik sebagai tujuan investasi bidang infrastruktur. Lembaga yang akan ditunggangi Jim Yong Kim nanti tersebut kata Luhut memiliki kapasitas pendanaan hingga US$ 1 triliun.

"Mereka siapkan US$ 1 triliun komersial dengan bunga yang lebih bagus. Mereka bisa mobilisasi uang dari berbagai negara," kata Luhut.

Dalam keterangan tertulis yang dikirimkan ke email para pegawai Bank Dunia, Kim memang mengaku akan bergabung dengan institusi swasta yang fokus pada investasi infrastruktur di negara-negara berkembang. Kim mengaku tak menduga kesempatan ini datang kepadanya, dan akan memberikan kontribusi terbesar pada masalah-masalah besar seperti perubahan iklim dan minimnya infrastruktur di negara-negara berkembang.



(eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com