Serba-serbi Perceraian Inggris dengan Eropa yang Perlu Anda Tahu

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Rabu, 09 Jan 2019 13:14 WIB
2.

Brexit Sepakat dengan Syarat

Serba-serbi Perceraian Inggris dengan Eropa yang Perlu Anda Tahu
Foto: DW (News)

Pandangan oposisi terhadap proposal May masih belum jelas. Namun May merasa percaya diri atas proposalnya karena sudah berbicara dengan para petinggi Uni Eropa untuk membujuk Democratic Unionist Party (DUP) menyetujui proposalnya.

Dukungan DUP sebagai partai oposisi ini sangat penting untuk May. Dukungan partai lain juga tak kalah penting, karena ada beberapa yang belum sepakat dengan May.

Arlene Foster, ketua Partai Irlandia Utara (Northern Irish) lebih pilih Brexit tanpa syarat daripada ada syarat yang malah merugikan Britania Raya.

Brexit Tanpa Syarat
Jika proposal May ditolak dan tidak terjadi apa-apa dalam beberapa pekan ke depan, otomatis Brexit akan berjalan tanpa syarat. Hal ini akan membuat pound sterling terjun bebas dan membawa Inggris ke masa resesi lebih parah dari krisis ekonomi 2008, menurut Bank of England (BOE) November lalu.

BOE juga menyatakan ekonomi Inggris akan mengkerut 8% tak lama setelah Brexit. Harga-harga properti juga akan anjok hingga 60%.

Negosiasi Ulang untuk Syarat Brexit
Jika proposal May ditolak oleh parlemen, pemerintah Inggris bisa mengajukan proposal baru. Namun dengan jangka waktu yang pendek, seperti opsi ini agak sulit dilakukan.

May sendiri juga sadar akan hal ini dan menyatakan jika proposalnya ditolak maka terpaksa Brexit berjalan tanpa syarat sama sekali.

Presiden Komisi Uni Eropa, Jean-Claude Juncker, juga sudah menyatakan "tidak ada ruang sama sekali," untuk negosiasi ulang syarat Brexit.

Klik selanjutnya untuk halaman berikutnya