Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Jan 2019 14:47 WIB

Cerai dari Bos Amazon, MacKenzie Bakal Jadi Wanita Terkaya Dunia?

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: dok. Getty Images Foto: dok. Getty Images
Jakarta - Istri Jeff Bezos, MacKenzie bakal menjadi kaya raya setelah cerai dari sang suami yang merupakan orang terkaya dunia. MacKenzie bahkan bisa menjadi wanita terkaya di dunia.

Jeff Bezos saat ini adalah orang terkaya d dunia berharta US$ 137 miliar setara Rp 1.986 triliun (kurs: Rp 14.500). Dia memiliki perusahaan besar seperti Amazon juga Blue Origin. Dia juga baru membeli media Washington Post. Sekitar 90% kekayaan Bezos berasal dari Amazon.

Bezos mengumumkan rencana perceraiannya dengan sang istri. Bila harta gono gini mereka dibagi secara adil yakni 50-50, MacKenzie akan mendapatkan harta kekayaan sekitar Rp 950 triliun lebih. Itu akan menjadikannya wanita terkaya di dunia, menyalip Alice Walton yang punya kekayaan US$ 46 miliar atau setara Rp 667 triliun.


Tapi ingat, itu dengan catatan bila harta gono gini mereka dibagi rata dan adil.

Dikutip dari CNBC, Kamis (10/1/2019), negara bagian Washington, di mana Amazon berkantor dan tempat Bezos melakukan mayoritas aktivitas kesehariannya punya hukum komunitas di bawah hukum negara bagian.

Itu berarti, bila pasangan tersebut mendaftarkan perceraian di sana, semua aset, utang yang timbul selama pernikahan mereka dianggap menjadi tanggungan suami dan istri. Undang-undang menentukan bahwa aset-aset ini dibagi secara adil kecuali jika perjanjian pranikah menyatakan sebaliknya. Tidak diketahui apakah pasangan tersebut memiliki perjanjian semacam itu.


Pengacara perceraian yang berbasis di Seattle, David Starks mengatakan bahwa pembagian yang adil tidak selalu berarti aset akan dibagi 50/50.

Dalam kasus-kasus tertentu, kata Starks, pengadilan akan berusaha untuk meratakan aset sehingga kedua belah pihak berakhir dengan pijakan yang sama dalam jangka panjang. Jika salah satu pasangan memiliki potensi penghasilan yang lebih besar, misalnya, orang tersebut mungkin menerima lebih sedikit aset karena mereka lebih mungkin mampu memenuhi kebutuhan mereka sendiri untuk jangka panjang.

Tetapi dalam kasus Bezos, di mana dia memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 137 miliar, pengadilan mungkin akan membagi uang secara merata.


Cerai dari Bos Amazon, MacKenzie Bakal Jadi Wanita Terkaya Dunia?
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed