Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 11 Jan 2019 13:54 WIB

Musim Hujan, Pedagang Waspada Harga Beras Naik

Saifan Zaking - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Harga beras medium yang dijual di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) terpantau aman. Harga yang ditawarkan masih di sekitar harga eceran tertinggi (HET) beras medium.

Zulkifli, salah satu pedagang di PIBC mengatakan faktor cuaca akan menentukan harga beras ke depan. Cuaca yang buruk dapat membuat harga beras semakin naik karena akan menghambat masa panen. Namun, apabila cuaca cerah, maka harga akan tetap stabil.

"Kalau cuaca memburuk harga pasti naik, musim hujan atau hujan terus, itu beras langsung naik harganya, tapi kalau cuaca kayak gini, saya rasa harga masih stabil, tergantung masalah cuaca saja," katanya saat ditemui di PIBC, Jakarta, Jumat (11/1/2019).



Faktor operasi pasar yang dilakukan badan urusan logistik (bulog) juga diharapkan dapat membuat harga tetap terjaga. Dia berharap kualitas beras yang didistribusikan memiliki kualitas yang baik.

"Operasi pasar itu mudah-mudahan berjalan terus supaya harga bisa turun, tapi permintaan pasar itu beras yang agak bagus supaya mereka pada beli, kalau India kelihatannya kurang bagus jadi pedagang meminta yang kualitasnya agak bagus, Pakistan atau Vietnam," tutupnya.

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan kemungkinan kenaikan harga beras awal 2019 mengingat terjadinya cuaca buruk yang bisa menyebabkan gagal panen. Pada awal tahun 2019, cuaca diramalkan memasuki masa musim penghujan, sehingga perlu adanya peningkatan kewaspadaan untuk memenuhi stok pangan yang bergantung pada kondisi cuaca disertai risiko gagal panen.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed