Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 14 Jan 2019 14:59 WIB

Kementan Sebut Januari-Maret Ada Panen Jagung 10 Juta Ton

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Dok. Kementan Foto: Dok. Kementan
Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim pada Januari-Maret akan ada panen jagung sebanyak 10 juta ton. Kondisi tersebut terjadi di tengah penambahan impor jagung sebanyak 30 ribu ton.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi mengatakan panen telah terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur. Adapun angkanya mencapai hingga 84 ribu ton.

"Sudah panen di Jawa Timur. Itu sampai akhir bulan ada 84.000 ton," kata di kepada detikFinance, Senin (14/1/2019).

Lebih lanjut, ia mengatakan selain di Jawa Timur, panen juga akan terjadi di 18 daerah hingga bulan Maret. Sehingga jumlah panen jagung akan bertambah hingga 10 juta ton.


"Sentra memang Jatim, Jateng, Lampung, NTB, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat. Itu mungkin ada 18 provinsi. Itu (tambahan panen) sekitar 10 juta ton Jagung," jelas dia.

Agung juga berharap agar panen tersebut bisa mendorong penurunan harga telur dan daging ayam yang akhir-akhir ini mengalami kenaikan.

"Mudah-mudahan (ada penurunan). Ini panennya benar jadi harga bisa turun telur sama daging ayam," tutup dia.

Sebagai informasi, pemerintah sebelumnya telah mengimpor jagung sebanyak 100.000 ton untuk menurunkan harga telur dan daging ayam yang mengalami kenaikan.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed