Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Jan 2019 13:22 WIB

Kerja Jaga Mercusuar Ini Digaji Rp 1,8 Miliar, Tertarik?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: (nationalparks.nsw.gov.au) Foto: (nationalparks.nsw.gov.au)
Jakarta - Sebuah lowongan kerja di Amerika Serikat menjadi viral. Lowongan tersebut menawarkan pekerjaan berupa penjaga mercusuar di Menara Mercusuar East Brother di Teluk San Pablo, San Fransisco, Amerika Serikat.

Mengutip dari CNN, Selasa (14/1/2019), posisi ini menawarkan upah sebesar US$ 130.000 setara dengan Rp 1,8 miliar (dengan kurs Rp 14.500) yang terbagi untuk dua orang pekerja. Di AS sendiri biasanya gaji dihitung per tahun. Mau coba melamar, ada syaratnya lho, apa saja sih?

Yang pertama pastinya pelamar memerlukan lisensi operator kapal komersial US Coast Guard. Lalu, pelamar pun harus bisa menyajikan makanan berkualitas tinggi, tata graha dan mengantar tamu dari daratan ke pulau.

Walikota setempat tepatnya di daerah Richmond, California, Tom Butt mengaku kaget lowongan ini jadi viral. Butt mengatakan lowongan ini diminati dari seluruh dunia.


"Untuk beberapa alasan (lowongan) ini menjadi viral, itu mendapatkan pertanyaan dari seluruh dunia - Asia, Rusia, Ukraina," katanya.

Dia juga mengklarifikasi bahwa untuk melakukan pekerjaan itu pelamar juga perlu mendapat sertifikat hak untuk bekerja di Amerika Serikat.

Bagaimana gaji penjaga mercusuar di Indonesia? Gaji penjaga mercusuar di Indonesia dinilai cukup kecil, tahun 2015 lalu saja, Ignasius Jonan, saat masih menjadi Menteri Perhubungan usulkan kenaikan gaji penjaga mercusuar.



Saat itu gaji operator menara suar terhitung hanya Rp 2,5 juta-Rp 3 juta per bulan. Jonan mengusulkan tunjangan tambahan bagi para penjaga mercusuar.

"Ada tunjangan khusus sekitar Rp 1 juta-Rp 1,5 juta per bulan, untuk biaya makan dan biaya transportasi untuk pulang, bila saatnya giliran bergantian tugas," ujar Jonan, dalam rapat dengan Komisi VI DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (10/6/2015). (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com