Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 16 Jan 2019 11:00 WIB

KKP Ajak Nelayan Bikin Harga Jual Tuna Ekspor Makin Tinggi

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Pool/Perum Perindo. Foto: Pool/Perum Perindo.
Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Salah satu caranya dengan meningkatkan nilai jual ikan tuna berorientasi ekspor.

Hal ini dilakukan dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Yayasan Masyarakat dan perikanan Indonesia (MDPI) untuk memberikan verifikasi kepada nelayan.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Zulficar mengatakan langkah mendorong nilai jual ikan tuna dilakukan karena Indonesia menjadi penghasil produk terbesar di dunia tahun 2018. Kemudian, hasil tangkapan tersebut juga berkontribusi sekitar 20% terhadap total produk perikanan nasional.

"Berdasarkan data FAO State of World Fisheries and Aquaculture tahun 2018 Indonesia menjadi penghasil produk tuna terbesar di dunia tahun 2018. Ini berkontribusi 16% terhadap produksi perikanan tuna dunia," kata dia dalam pertemuan di Mina Bahari II, KKP, Jakarta, Rabu (16/1/2019).



Ia menjelaskan selain ikan jenis tuna, pihaknya juga mendorong peningkatan nilai untuk ikan jenis cakalang dan tongkol. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Keluatan dan Perikanan Nomr 107 Tahun 2015 tentang Rencana Pengelolaan Perikanan Tuna, Cakalang dan Tongkol.

Adapun, verifikasi yang dimaksud adalah pemberian pembekalan dan pembinaan kepada para nelayan untuk menggunakan alat tangkap ikan yang berkelanjutan atau ramah lingkungan.

Lebih lanjut, Direktur Eksekutif Yayasan MDPI, Saut Tampubolon mengatakan program ini akan dilaksanakan di enam daerah terlebih dahulu. Kemudian baru akan diarahkan ke daerah lainnya.

"Jadi ini di enam provinsi dulu, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku, dan Maluku Utara. Nanti ke depannya semoga bisa diikuti daerah lain," tutup dia.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com