PNS dan Pensiunan Diminta Gali Peluang Berwirausaha

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Rabu, 16 Jan 2019 11:13 WIB
Ilustrasi PNS. Foto: Enggran Eko Budianto
Jakarta - Pemerintah lewat Kementerian PAN-RB sedang berupaya meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) alias PNS dengan menyiapkan sistem penggajian dan pensiun yang baru melalui Rancangan PermenpanRB sebagaimana amanah UU ASN.

Di samping itu, pemerintah juga mendorong peluang kewirausahaan di kalangan ASN lewat workshop kewirausahaan. Langkah itu menjadi bagian dari upaya negara untuk menghadirkan kesejahteraan bagi para ASN dan pensiunan.

"Kami menginduksi jiwa enterpreunership itu melalui Workshop, sebagai kelanjutan dari program wirausaha yang pernah dicetuskan yaitu Road To Second Career," kata Menteri PANRB Syafruddin dalam keterangannya, Rabu (16/1/2019).

Saat ini, dengan jumlah ASN sebanyak 4.3 juta orang serta sebanyak 2.6 juta orang merupakan pensiunan ASN dapat menjadi agen pendorong ekonomi. Mereka dapat mengaktifkan sektor-sektor ekonomi di lingkungan sekitarnya.


"Untuk mendorong kemajuan negara, dibutuhkan keberadaan para pengusaha yang menstimulus kegiatan ekonomi, bahkan di negara maju terlihat pekerjaan favoritnya adalah menjadi pengusaha," ungkap Syafruddin.

Ia menjelaskan bahwa Bank Pemerintah maupun Swasta juga memberikan dukungannya terhadap program kewirausahaan bagi para ASN dan pensiunan, melalui pembiayaan yang kompetitif.

Melalui workshop kewirausahaan diharapkan dapat mengembangkan jaringan atau networking usaha, serta menjadi sistem belajar yang cepat dan efektif tentang mengenali potensi usaha yang dapat digali dari diri masing masing pribadi para ASN dan pensiunan.

Melalui workshop kewirausahaan diharapkan dapat mengembangkan networking usaha, serta menjadi sistem belajar yang cepat dan efektif tentang mengenali potensi usaha yang dapat digali dari diri masing masing pribadi para ASN dan pensiunan.

(fdl/eds)