Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Jan 2019 15:17 WIB

Mau Diturunkan Prabowo, Berapa Harga Daging Sapi Sekarang?

Saifan Zaking - detikFinance
Pedagang Daging Sapi di Kebayoran Lama Foto: Saifan Zaking Pedagang Daging Sapi di Kebayoran Lama Foto: Saifan Zaking
Jakarta - Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengatakan akan menurunkan harga komoditas pangan apabila terpilih menjadi Presiden. Untuk saat ini, harga untuk daging sapi terpantau masih tinggi di angka Rp 120.000/kg.

Padahal, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan harga daging sapi bisa berada di bawah Rp 100.000/kg, bahkan bisa menyentuh Rp 80.000/kg.

Berdasarkan pantauan detikFinance, harga daging sapi terlihat stabil. Adapun, salah satu pedagang di pasar Kebayoran Lama, Aris, mengatakan kalau harga daging sapi tidak mengalami perubahan sejak tahun lalu.

"Nggak ada perubahan, harganya sekitaran Rp 110.000/kg sampai Rp 120.000/kg," ujarnya.


Ia juga menyebutkan bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh stok yang masih tersedia.

"Iya segini-segini saja, biasanya kalau harganya segini saja sih stoknya masih cukup di rumah potong hewan (RPH), saya itu (pasokan) dari Jakarta ada, Ciputat ada," jelasnya.

"Turunin kayak daging impor saja, itu juga bagus, di bawah Rp 100 ribu/kg," tambah dia.

Selain itu, Ujang, berkata kalau saat ini ia menjual harga daging sapi lokal dengan harga yang sama, yaitu Rp 120 ribu/kilogram.

"Ini daging lokal, harganya itu kita jual Rp 120 ribu/kg," terangnya.




Namun, ada hal lain yang berbeda, pedagang bernama Imron berkata ada kenaikan harga, tapi kenaikan tersebut masih sama seperti yang ditawarkan pedagang lainnya, yaitu Rp 120 ribu.

"Kayaknya pas awal tahun tuh naiknya, Rp 5.000 lah naiknya, sebelum tahun baru itu harganya mah Rp 115 ribu dah, sekarang naik jadi segitu (Rp 120 ribu)," terang dia.

Berdasarkan data dari harga pangan.id wilayah DKI Jakarta per 16 Januari 2019, harga daging sapi kualitas 1 terpantau stabil di harga Rp 129.150/kg. Hal yang sama juga berlaku untuk daging sapi kualitas 2 yang berada di angka Rp 118.350/kg.


Simak Juga 'Jangan Politisasi Isu Pangan!':

[Gambas:Video 20detik]


Mau Diturunkan Prabowo, Berapa Harga Daging Sapi Sekarang?
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed