Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 19 Jan 2019 13:35 WIB

Dear Milenial, Ada Tips Memulai Usaha Nih dari Dion Wiyoko

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Dion Wiyoko/Foto: Veynindia Esaloni Pardede Dion Wiyoko/Foto: Veynindia Esaloni Pardede
Medan - Tak semua milenial berani untuk memulai usaha. Entrepreneur sekaligus aktor Dion Wiyoko berbagi kisahnya agar milenial tak takut untuk memulai usaha.

Dion mengaku memulai bisnis kulinernya dengan modal nekat. Bagi dia, untuk berbisnis lebih baik mencoba dahulu daripada tidak pernah mencoba. Sebab, dari pengalaman bisa menjadi pembelajaran untuk menuju kesuksesan.

"Satu jangan takut gagal. Yakin orang yang usaha pasti pernah gagal tapi bagaimana caranya bangkit dan belajar dari situ mempelajari kesalahan yang ada dan sukses," kata dia dalam acara Creativepreneur di Santika Hotel, Medan, Sabtu (19/1/2019).


Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini milenial juga dimudahkan dengan perkembangan teknologi. Sehingga, milenial diharapkan mampu memanfaatkan hal tersebut.

"Memang makin mudah untuk bisnis misalnya start up. Dengan modal nol saja saat ini kalau mau memulai usaha itu memanfaatkan dunia internet. Banyak contoh kok dari online lalu kembangkan lagi," ungkap dia.


Selain itu, Dion juga menceritakan bagaimana kesulitan yang ia alami saat membangun usaha. Misalnya sulit untuk mencari sumber daya manusia (SDM) di bidang kuliner. Namun, hal itu bisa teratasi dengan komitmen serta komunikasi dengan pasangan bisnis.

"Banyak sekali masalah mulai dari SDM, keuangan dan penjualan. Tapi kita di sana belajar dan makanya punya partner yang bisa kerja sama baik,"

"Kunci saya apapun apapun keputusan kalian memulai suatu usaha, langkah pertama itu coba saja dulu. Mengambil risiko jadi langkah pertama belajar kalau nggak, nggak tau pengalaman gagal," tutup dia. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com