Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 19 Jan 2019 19:42 WIB

CT Pede RI Bisa Jadi Negara Ekonomi Keempat Dunia di 2045

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Chairul Tanjung/Foto: Ari Saputra
Medan - Chairman of CT Corp, Chairul Tanjung mengatakan bahwa masyarakat harus yakin Indonesia bisa menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia pada 2045.

Pria yang akrab disapa CT ini mengatakan proyeksi tersebut dibuat oleh pengamat ekonomi internasional. Artinya, dunia pada dasarnya telah percaya bahwa Indonesia mampu. Maka dari itu, sebagai masyarakat Indonesia sendiri sudah seharusnya percaya pada kemampuan tersebut.

"Jadi para ahli internasional kelas dunia bilang Indonesia akan menjadi negara kelima ekonominya dalam 2030. Sementara di tahun 2045 jadi nomor empat," kata dia dalam Creativepreneur Event Creator, Medan, Sabtu (19/1/2019).


"Artinya orang luar negeri percaya terhadap Indonesia. Aneh kalau orang Indonesia nggak percaya terhadap bangsa kita sendiri," sambung dia.

Lebih lanjut, ia menyinggung prediksi perekonomian Indonesia dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) saat ini. Pasalnya, untuk mencapai proyeksi tersebut, SDM juga mesti ditingkatkan. Sebab, Indonesia akan menghadapi disrupsi teknologi hingga revolusi industri 4.0.

"Untuk menang dalam persaingan ke depan kalau dulu siapa yang efisien, lebih produktif akan menang dalam kompetisi ke depan akan berubah kenapa? Ada yang namanya teknologi, disruption teknologi, ada revolusi 4.0," ungkap dia.


Maka dari itu, ia menjelaskan bahwa masyarakat harus bisa memiliki jiwa inovatif, kreatif serta entrepreneurship. Dengan begitu, tantangan menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia bisa teratasi.

"Untuk menang di era ke depan kita perlu inovatif, kreatif dan jiwa spirit entrepreneurship," tutup dia. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com