Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 21 Jan 2019 10:25 WIB

Darmin Gelar Rakor Bahas Karet untuk Aspal

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Dok Humas Pemkab Musi Banyuasin Foto: Dok Humas Pemkab Musi Banyuasin
Jakarta - Pemerintah sampai saat ini masih mencari cara untuk menambah nilai pada komoditas karet. Terakhir pemerintah berencana untuk menggunakan karet sebagai campuran untuk aspal.

Maka dari itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pagi ini kembali mengumpulkan beberapa pejabat untuk rapat koordinasi (rakor) karet .

Berdasarkan agenda yang didapat detikFinance, Jakarta, Rabu (16/1/2019), rakor karet diagendakan pukul 09.00 WIB di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Diagendakan rapat koordinasi ini akan dihadiri oleh Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian BUMN.

Seperti diketahui rapat ini bukan pertama kalinya digelar. Rapat-rapat sebelumnya sudah dilakukan dan mendapatkan kesimpulan untuk mencampurkan komoditas karet ke dalam aspal.


Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang mengatakan pada rapat sebelumnya, pemerintah sudah menetapkan spesifikasi atau kualitas karet yang dijadikan sebagai campuran membuat aspal.

Berdasarkan volume, kata Bambang, produksi karet nasional sebesar 3,7 juta ton. Sedangkan yang dibina pemerintah sebesar 220 ribu ton dan ini yang harus disesuaikan kualitasnya dengan ketentuan Kementerian PUPR dan Kementerian Perindustrian sebagai campuran aspal. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed