Menhub Klaim Bandara Kulon Progo Tahan Gempa

ADVERTISEMENT

Menhub Klaim Bandara Kulon Progo Tahan Gempa

Usman Hadi - detikFinance
Selasa, 22 Jan 2019 16:49 WIB
Proyek Bandara Kulon Progo/Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Yogyakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengklaim bandara baru di Kulon Progo atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) didesain tahan gempa. Bahkan NYIA diyakini aman dari guncangan gempa berkekuatan 8 SR.

"Ya (mitigasi bandara) Kulon Progo kita buat asumsi gempanya itu dalam delapan skala richter ya," ujar Budi kepada wartawan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (22/1/2019).


Budi menjelaskan, persoalan mitigasi bencana dalam proses pembangunan NYIA di Kulon Progo telah lama dirumuskan dengan melibatkan akademisi sejumlah perguruan tinggi, seperti akademisi UGM dan ITB.

"Jadi mitigasi yang kita lakukan, hasil diskusi antara UGM, ITB, sama salah satu universitas dari Tokyo. Jadi mitigasi sudah dilakukan. Building pasti kuat dalam delapan skala richter," ungkapnya.


Selanjutnya, pihaknya juga telah menyiapkan semacam barikade. Jarak antara lantai satu dengan lantai II didesain delapan meter. Oleh karenanya, bila sewaktu-waktu tsunami menerjang mereka bisa menyelamatkan diri ke lantai II.

"Jadi dia itu (masyarakat di bandara) bisa melakukan mitigasi atau menyelamatkan diri ke lantai II. Jadi saya yakini bahwa ini sudah dipikirkan secara matang, Insya Allah tsunami atau gempa itu tidak terjadi juga," tutupnya. (hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT