Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 26 Jan 2019 14:51 WIB

Bicara soal Susah Cari Kerja, Sandi Disarankan Pakai Data

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Sandiaga Uno. (Ferdi Almunanda/detikcom). Foto: Sandiaga Uno. (Ferdi Almunanda/detikcom).
Jakarta - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno berkampanye di Jambi, Jumat (25/1/2019). Dalam kampanyenya pria yang beken disapa Sandi itu bicara soal sulitnya mencari kerja.

Merespons hal itu, pengamat ketenagakerjaan dari Universitas Gajah Mada Tadjudin Nur Effendy, menyarankan sebaiknya Sandi menggunakan data untuk menguatkan pernyataannya itu.


"Kalau dari pernyataan seperti itu kan harus didukung data kan. Nyatanya menurut BPS (Badan Pusat Statistik), 2018 angka pengangguran terbuka menurun. Artinya angka pengangguran orang yang mencari kerja menurun," katanya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Sabtu (26/1/2019).

Dengan kata lain. jika memang dikatakan susah cari kerja harus ada data yang bisa membuktikan hal itu, sehingga data tersebut bisa dibandingkan dengan data BPS.


Menurut data BPS angka pengangguran terbuka pada Agustus 2018 turun dari 5,5% menjadi 5,34% atau setara 7,001 juta orang.

"Kalau pernyataan itu benar itu kan harus didukung data. Jadi nggak bisa kita membuat asal pernyataan sulit cari kerja. Kalau sulit cari kerja kan bisa lihat dari data BPS yang melakukan survei di seluruh provinsi," jelasnya.

Artinya, dengan mengacu data BPS yang menunjukkan pengangguran terbuka menurun maka pernyataan susah cari kerja tidak sesuai data BPS yang saat ini menjadi rujukan umum.

"Itu kan menandakan pernyataan orang sulit cari kerja nggak didukung bukti realitas," tambahnya.


Sandiaga sebelumnya berdialog dengan warga di Lapangan Tri Lomba Juang, Jalan Halim Perdanakusuma, Sungai Asam, Kota Jambi, Jumat (25/1/2019), masyarakat pendukung Prabowo Subianto-Sandi kompak berteriak, "Ganti Presiden!"

Dia berjanji menyediakan lapangan kerja yang luas bagi masyarakat nantinya jika ia bersama Prabowo terpilih di Pilpres 2019. Pengemudi (driver) ojek online dan beberapa warga lainnya menyampaikan aspirasi ke Sandi.

"Saya mau bertanya sama driver ojek online, nyari kerja gampang atau susah?" tanya Sandi. " Susah!" jawab orang-orang yang berkumpul di depannya.

"Susah atau susah banget?" tanya Sandi kembali. "Susah banget!" jawab mereka.

"Insyaallah di bawah kepemimpinan Prabowo-Sandi, nanti kita buka lapangan kerja seluas-luasnya. Insyaallah ya Ibu-ibu, Bapak-bapak, dengan doa amin...," ujar Sandi. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com