Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 26 Jan 2019 21:30 WIB

Lepas 31% Saham Inter Milan, Erick Thohir Kantongi Dana Berapa?

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Perusahaan investasi asal Hong Kong, LionRock Capital membeli 31,05% saham Klub Inter Milan, Erick Thohir. Lewat transaksi itu Erick Thohir telah resmi menjual seluruh sahamnya di Inter Milan.

Mengutip Reuters, tidak ada rincian keuangan dari transaksi yang diungkapkan. Sebelumnya, Inter Milan diambil alih pada tahun 2016 oleh peritel elektronik Cina Suning Commerce Group, yang membeli 68,55% saham dari Thohir dengan harga 270 juta euro atau sekitar US$ 307 juta.


Mengutip situs resmi Inter Milan, www.inter.it, FC Internazionale Milano S.p.A mengumumkan bahwa LionRock Capital telah mencapai kesepakatan dengan International Sports Capital HK Limited untuk mengakuisisi 31,05% saham mereka di klub. Dengan demikian, LionRock Capital menjadi pemegang saham minoritas baru di Inter.

Klub menyambut LionRock Capital kepada keluarga Inter dan mengharapkan mereka untuk membantu dan mendukung Suning (Suning Commerce Group) dalam membawa kesuksesan lebih lanjut ke Inter baik di dalam maupun di luar lapangan. Klub menyampaikan apresiasinya kepada Erick Thohir atas kontribusi masa lalunya dan mengucapkan semoga sukses di masa depan.

Menanggapi transaksi tersebut, Steven Zhang, Presiden FC Internazionale Milano menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung klub sepak bola Italia berjuluk Nerazzurri itu selama 2018.


"Ini memberi kami kepercayaan penuh untuk pengembangan Klub di masa depan dan telah mengarah pada minat LionRock Capital. Selain kemitraan ini, kami juga berharap untuk membangun hubungan olahraga dan komersial global lebih lanjut. Bersama dengan mitra kami, kami terus bekerja pada tujuan utama kami - untuk menjadikan Inter sebagai klub top dunia di dalam dan di luar lapangan dan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi jutaan penggemar Inter, " ujar Zhang dikutip dari www.inter.it, Sabtu (26/1/2019).

Sementara itu, pendiri dan Direktur Pelaksana LionRock Capital Daniel Kar Keung Tseung mengatakan optimistis dengan perkembangan Inter Milan ke depan.

"Kami sangat optimis tentang prospek pengembangan bisnis dari semua kegiatan yang berhubungan dengan olahraga dan dengan lebih dari 110 tahun sejarah dan pengaruh global di bidang sepak bola, FC Internazionale Milano memiliki potensi pengembangan masa depan yang menarik. LionRock Capital akan sepenuhnya mendukung tujuan utama Inter untuk menjadikan klub salah satu klub sepak bola top dunia baik di dalam maupun di luar lapangan, "kata Tseung, dikutip dari www.inter.it.

Mengutip media Italia, Il Sole 24 Ore, Erick Thohir membeli 70% saham Inter Milan senilai 250 juta euro pada 2013 lalu. Konglomerat Indonesia itu Taipan Indonesia memperoleh hampir 30 juta euro dari capital gain alias keuntungan dari selisih jual-beli saham, saat menjual 68,55% saham Inter Milan ke Suning.

Menurut catatan Il Sole, dari invetasi di Inter Milan sejak 2013, Erick Thohir diperkirakan meraup 15 juta euro. Dana ini bersumber dari bunga yang dibayarkan Inter Milan kepada Erick. Nah, dengan penjualan 31,05% saham ke LionRock yang ditengarau sekitar 150 juta euro, Erick masih mengantongi keuntungan 100 juta euro. (hns/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed