Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 27 Jan 2019 10:06 WIB

Ratusan Karangan Bunga Berjejer di Rumah Duka Eka Tjipta Widjaja

Saifan Zaking - detikFinance
Foto: Suasana Rumah Duka persemayaman Eka Tjipta Widjaja/Saifan Zaking - detikFinance Foto: Suasana Rumah Duka persemayaman Eka Tjipta Widjaja/Saifan Zaking - detikFinance
Jakarta - Sinar Mas Group saat ini tengah berduka. Pasalnya, sang pendiri serta pengusaha nasional Eka Tjipta Widjaja tutup usia di 98 tahun pada Sabtu malam (26/1/2019).

Ratusan karangan bunga pun mengiringi kepergian salah satu orang terkaya di Indonesia. Karang-karangan bunga tersebut dikirim ke Rumah Duka Sentosa di RSPAD Gatot Subroto di mana jenazah disemayamkan.

Karangan bunga dikirim oleh sejumlah tokoh nasional di antaranya milik Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan, Kepala Polisi Republik Indonesia (RI) Jenderal Polisi Tito Karnavian, Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan tokoh-tokoh lainnya.

Petugas keamanan yang ada di lokasi meyakini ada ratusan karangan bunga yang dikirim ke Rumah Duka Sentosa.

"Ratusan lebih kali, di depan (rumah duka), ini (sepanjang jalan), itu (di dalam gedung)," jelas salah satu satpam di Rumah Duka Sentosa RS Gatot Subroto di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (27/1/2019)

Banyak juga kendaraan yang telah terus berdatangan ke rumah duka, bahkan hampir memenuhi seluruh parkiran yang ada. Ratusan pelayat pun telah hadir untuk mendampingi kepergian Eka Tjipta Widjaja yang didominasi oleh sanak keluarga.

Nama Eka Tjipta Widjaja sudah tak asing lagi di Indonesia. Apalagi dia terdaftar dalam majalah Forbes sebagai orang terkaya RI.

Tahun 2018, majalah Forbes kembali merilis jajaran orang terkaya dan menempatkan Eka pada urutan ke-3 sebagai orang terkaya di Indonesia.

Forbes mencatatkan bahwa kekayaannya adalah sebesar US$ 8,6 miliar atau setara dengan Rp 124,7 triliun (kurs Rp 14.500). Kekayaannya menempatkan Eka sebagai orang terkaya tertua di Indonesia.

Eka lahir di China pada Februari 1921. Dia adalah pendiri Sinar Mas Group yang punya banyak konglomerasi bisnis.

Kepergian Eka Tjipta Widjaja meninggalkan luka mendalam bagi pelaku industri di Indonesia. Sang penerima gelar Doktor kehormatan dalam bidang Ekonomi dari Pittsburg State University pun kini telah pergi dari dunia untuk selamanya.


Tonton juga 'Konglomerat Eka Tjipta, Pendiri Sinar Mas Group Tutup Usia':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed