Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 28 Jan 2019 10:41 WIB

Di HUT ISEI, Gubernur BI Ingin Peran Sarjana Ekonomi Ditingkatkan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: HUT ISEI/Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance Foto: HUT ISEI/Achmad Dwi Afriyadi-detikFinance
Jakarta - Pejabat, ekonom, serta pengusaha menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) pagi ini, Senin (28/1/2019). Perayaan ulang tahun ini diselenggarakan di Kantor ISEI Jalan Daksa IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan prosesi potong tumpeng.

Gubernur Bank Indonesia (BI), yang juga Ketua Umum ISEI Perry Warjiyo mengatakan, sejak berdiri ISEI telah berperan dalam kemajuan ekonomi nasional.

"Alhamdulilah ISEI selama dari tahun 1955 sejak diketuai oleh Profesor Sumitro dan ketua-ketua selanjutnya ISEI banyak berperan kemajuan ekonomi kita. Dan itu bagian dari visi saya sebagai Ketua Umum ISEI semakin memperkuat kontribusi ISEI bagi kemajuan ekonomi Indonesia ke depan," katanya di Kantor ISEI Jakarta, Senin (28/1/2019).

Perry melanjutkan, ada sejumlah hal yang perlu diperkuat kaitannya kontribusi ISEI dalam mendorong perekonomian. Pertama, mendorong kontribusi pemikiran ekonomi tidak hanya meningkatkan pertumbuhan ekonomi melainkan menurunkan defisit transaksi berjalan dan mendorong sektor riil.

Kedua, mendorong pemikiran dalam konteks pengembangan ekonomi digital.

"Bagaimana ekonomi digital itu bisa meningkatkan inklusufitas ekonomi kita, mendukung UMKM, ekonomi kerakyatan sehingga tidak hanya mendorong pasar ritel tapi memperkuat ekonomi kerakyatan kita," ujarnya.

Ketiga, mendorong peran ISEI dalam pengembangan profesi, tidak hanya dalam hal penelitian tapi juga pengembangan pendidikan vokasi serta sertifikasi.

"Keempat bagaimana ISEI bisa juga meningkatkan sinergi di dalam ISEI maupun dengan lembaga profesi lain," ungkapnya.

Terakhir, pengembangan organisasi ISEI sendiri baik pusat dan daerah.

"Kelima pengembangan organisasi baik pusat maupun daerah, bahwa ISEI wadah ekonom baik dari kalangan akadmik, juga ekonom dunia usaha, keuangan sektor riil, dan juga ekonom yang sekarang menjadi pemangku kebijakan yang tentu saja akan diperlukan satu mendukung pemikiran kebijakan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, produktivitas segala macam," tutupnya.

Sebagai tambahan, hadir dalam juga perayaan ini di antaranya Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani, Ekonom Senior Didik Rachbini. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com