Ini Sosok yang Beli Apartemen Termahal Rp 3,3 Triliun

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 28 Jan 2019 12:52 WIB
Foto: Ken Griffin. Dok Reuters
Jakarta - Sebuah apartemen di Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS) memecahkan rekor termahal yang pernah dijual di negara tersebut. Apartemen seharga US$238 juta (atau sekitar Rp3,3 triliun) itu dibeli oleh seorang miliuner.

Pembelinya adalah Ken Griffin, pendiri perusahaan Citadel berkewarganegaraan AS.

Dilansir dari Forbes, Senin (28/1/2019), kekayaan pria berusia 50 tahun ini mencapai US$ 9,9 miliar atau setara Rp 143,5 triliun (kurs Rp 14.500). Kekayaan tersebut tercatat per 27 Januari 2019.

Dikutip detikFinance dari beberapa sumber, Ken Griffin menempuh pendidikan kuliah di Universitas Harvard pada 1987. Itu pertama kalinya dia mulai bermain saham dengan mengandalkan perangkat elektronik miliknya sendiri.


Selang beberapa tahun kemudian, tepatnya 1990, Ken mendirikan Citadel dan sejak itu menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) perusahaan.

Saat ini, Citadel diakui sebagai salah satu perusahaan investasi paling dihormati dan paling sukses di dunia, dan mengelola lebih dari US$ 30 miliar modal para mitranya.

Ken juga dikenal royal membagi-bagikan hartanya untuk kegiatan sosial. Ken adalah filantropis untuk tujuan pendidikan dan budaya.


Dia telah memberikan lebih dari US$ 700 juta kepada berbagai organisasi termasuk The University of Chicago, Rumah Sakit Anak Ann & Robert Lurie, Institut Seni Chicago, Museum Seni Modern, dan beberapa lainnya.

Ken juga pernah menghabiskan US$ 500 juta pada Februari 2016 untuk membeli dua lukisan karya Willem de Kooning dan Jackson Pollock dari David Geffen. (zlf/zlf)