Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 28 Jan 2019 17:59 WIB

Pengusaha Angkutan Umum Keluhkan Tarif Tol Trans Jawa Mahal

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pengusaha transportasi yang terhimpun dalam Organisasi Angkutan Darat (Organda) mengeluhkan tarif Tol Trans Jawa. Menurut mereka tarif yang diberikan untuk angkutan umum terlalu mahal.

Ketua Umum Organda Adrianto Djokosoetono, mengatakan hingga kini ongkos logistik para angkutan umum yang masuk tol Trans Jawa terlalu besar. Dia mengatakan seharusnya tarif tol untuk angkutan umum diberikan insentif.

"Organda mengapresiasi infrastruktur yang terjadi, dan waktu tempuh pun menjadi lebih singkat. Tapi tarif tol yang masih menjadi isu, kami mendorong pemerintah untuk berpihak juga ke kami, kan kalau tarif sekarang kami disetarakan golongan III ya cukup mahal untuk kami," kata Adrianto kepada detikFinance, Senin (28/1/2019).

Dia menyarankan agar pemerintah bisa memberikan insentif untuk angkutan umum yang lewat tol Trans Jawa. Intensif penting untuk menunjang operasi para angkutan umum.


"Ini saran lho ya coba aja kalau angkutan plat kuning masuk Tol Trans Jawa diberikan insentif tarif tol. Mungkin 50% lebih sedikit dari biaya sebelumnya, itu akan sangat membantu kami ya mengurangi biaya logistik," kata Adrianto.

Lebih lanjut Adrianto mengatakan bahwa angkutan umum sudah banyak yang menggunakan Tol Trans Jawa sekarang. Hal tersebut sebagai langkah mendukung pemanfaatan transportasi umum meningkat.

"Teman-teman sudah mulai lho pakai Trans Jawa, sudah banyak yang beroperasi lewat sana. Ini kan juga mendukung program pemerintah ya menggenjot transportasi umum kan, cuma tarif tol masih menjadi isu," ungkap Adrianto.

Sebelumnya, pengusaha logistik juga mengeluhkan tarif tol yang terlalu mahal untuk truk-truk pengangkut barang. Bahkan, truk-truk tersebut pindah haluan dari Tol Trans Jawa, dan kembali ke Jalan Pantura.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com