Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Jan 2019 16:59 WIB

Amunisi Sri Mulyani Tekan Defisit Transaksi Berjalan di 2019

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Ari Saputra Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) di tahun 2018 tercatat melebar. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun terus berupaya menekan defisit CAD di tahun 2019.

Menurut Sri Mulyani pihaknya akan terus menggunakan seluruh instrumen dari APBN dan non APBN guna memperbaiki perekonomian Indonesia khususnya CAD. Hal ini akan dilakukan bersama OJK, BI dan LPS.

"Kami akan gunakan seluruh instrumen kita baik di APBN maupun non APBN, itu bersama-sama dengan OJK dan BI serta LPS untuk mampu mendorong ekonomi tumbuh dan investasi tumbuh dan ekspor bisa ditingkatkan," jelas dia di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019).


Lebih lanjut, ia mengakui bahwa untuk memperbaiki defisit transaksi berjalan bukan hal yang mudah. Sebab, kondisi ekonomi global juga tengah lesu.

Maka dari itu, dengan koordinasi antar lembaga, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini berharap agar investasi dan ekspor dapat terus meningkat.

"Memang bukan pekerjaan mudah karena ekonomi global growth dalam kondisi situasi makin melemah. Ini adalah PR yang akan terus kita lakukan bersama, menjaga stabilitas sektor keuangan," papar dia.

"Kedua, menggunakan seluruh instrumen kita bersama-sama koordinasi sinergi untuk mendorong ekonomi dan meningkatkan investasi dan mendorong ekspor," sambungnya.


Selain itu, pihaknya juga akan berupaya dengan meminta pelaku pasar turut serta menjaga perekonomian agar terus stabil.

"Terus, memberikan signal kepada market pelaku ekonomi bahwa kami akan terus menjaga perekonomian dengan stabil dan baik untuk perbaikan seluruh masyarakat Indonesia," tutup dia. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed