Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Jan 2019 19:47 WIB

Bagasi Berbayar hingga Beras Jadi Tantangan Inflasi 2019

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) hari ini melakukan evaluasi pencapaian inflasi sepanjang 2018. Harga bagasi maskapai penerbangan berbiaya rendah hingga harga jagung disebut menjadi tantangan inflasi 2019.

Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan rapat juga membahas pengendalian inflasi nasional dan strategi pengendalian inflasi 2019.

"Tantangannya masih sama, pengendalian harga pangan khususnya beras dan jagung," ujar Bambang di Gedung BI, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Kemudian Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan saat ini pemerintah juga berupaya menjaga volatile food dan administered prices. Menurut pria yang akrab disapa Enggar itu, rapat membahas soal realisasi 2018 dan rencana 2019.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir menjelaskan rapat juga membahas tentang bagasi berbayar yang diberlakukan oleh low cost carrier seperti Lion Air, Wings Air dan Citilink.


"Tadi dari Kementerian Perhubungan dibilang, walaupun bayar. Tapi mereka ada maksimum, tidak bisa sesukanya ini dalam rangka untuk mengendalikan harga dan perlindungan konsumen," ujar dia.

Menurut Iskandar ini dibicarakan karena tarif angkutan udar menjadi salah satu penyumbang inflasi di Indonesia. Pembahasan juga dilakukan untuk mengendalikan harga agar tidak bergerak terlalu liar.

Dia menambahkan evaluasi inflasi 2018 dilakukan untuk menjalankan strategi tahun 2019. Iskandar menjelaskan tahun ini pemerintah menargetkan inflasi 3,5% plus minus 1% kemudian tahun 2020 turun jadi 3% plus minus 1%.

"Tadi memang sepakat, akan menurunkan target inflasi ke depan pada 2020 sesuai target 3% plus minus 1%. Tahun ini kan 3,5%" imbuh dia.

(kil/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed