Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 30 Jan 2019 13:01 WIB

Cerita Jokowi Soal Budidaya Udang, Berkali-kali Gagal Baru Berhasil

Ray Jordan - detikFinance
Foto: Ray Jordan/detikcom Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini memanen udang vaname (Litopenaeus vannamei) di Muara Gembok, Bekasi. Dalam kesempatan itu, Jokowi bercerita sulitnya budidaya udang.

Jokowi mengatakan budidaya udang di lokasi tersebut sempat mengalami gagal panen. Akhirnya proses budidaya harus diulang.

"Ini kita dulu tebar benih memulai memperbaiki lingkungan di sini itu November (2017). Dulu pikiran kita di Februari bisa panen, ternyata gagal. Nanti tanya ke petaninya, gagal. Diulang lagi yang kedua berhasil tapi baru 50%" kata Jokowi di lokasi, Rabu (30/1/2019).

Kemudian saat panen ketiga kalinya ini, Jokowi berharap agar bisa sesuai dengan harapan yang diinginkan.


"Ini proses pembelajaran untuk para petani memang memerlukan proses seperti ini. Yang kedua hanya dapat 2 ton, yang ketiga ini diperkirakan nanti akan dapat kira-kira 5 ton. Itu sudah pada posisi yang normal. Ini yang kita harapkan," kata Jokowi.

Jokowi mengungkapkan memang tak mudah untuk membudidaya udang jenis vaname ini. Sebab, faktor lingkungan, suhu, hingga udara perlu diperhatikan bila melakukan budidaya udang vaname ini.

"Kalau ini sudah benar, karena ini memelihara udang vaname juga tidak mudah. Lingkungan, suhu, kemudian oksigen semuanya pengaturannya tidak mudah," kata Jokowi.

"Kebetulan di sini gagalnya pertama karena ada virus. Tapi sekarang sudah mulai bisa dilihat kapan dia keluar kapan dia enggak. Saya kira pembelajaran dari KKP, dari kelompok-kelompok petani di sini sudah mengerti apa yang harus dikerjakan," tuturnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com