Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 31 Jan 2019 13:45 WIB

Jokowi Tegur Susi soal Izin, Luhut: Sepanjang Ikut Aturan Kita Percepat

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti lantaran proses perizinan usaha sektor perikanan tangkap masih lama. Dia meminta proses perizinan itu dibenahi.

Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan merespons soal teguran Jokowi tersebut. Menurutnya, pemerintah saat ini telah mempercepat proses perizinan dengan syarat pemohon izin mengikuti semua aturan main.

"Sudah jalan terus prosesnya. Kita speed up semua sepanjang dia mengikuti aturan, kita percepat semua," kata Luhut saat ditemui usai acara DBS Asian Insights Conference yang berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (31/1/2019).


Luhut bilang, pihaknya telah mempercepat perizinan di Indramayu beberapa waktu lalu. Sebelumnya, salah satu pemilik kapal yang mengeluh kepada Jokowi saat berdialog di Istana juga berasal dari Indramayu, Jawa Barat. Jokowi menanyakan soal proses perizinan sektor perikanan tangkap untuk kapal di atas 30 GT.

"Jadi perizinan sudah kemarin kita mulai percepat prosesnya. Seperti Indramayu hari minggu kemarin kita sudah bagikan lagi 80 untuk SIPI nya," katanya.



Susi sendiri sebelumnya mengatakan masih lamanya proses perizinan perikanan tangkap karena pelaku usaha atau pemilik kapal harus menyerahkan laporan hasil usaha dengan benar. Menurut Susi, pihak KKP tidak akan menerbitkan izin usaha perikanan tangkap jika laporan hasil usaha yang diserahkan tidak sesuai fakta. (eds/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed