Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 31 Jan 2019 16:45 WIB

Dapat Suntikan US$ 1,1 M, Tokopedia Berniat Bangun Ini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dewi Rachmat Kusuma
Jakarta - Tokopedia mendapat suntikan modal US$ 1,1 miliar atau sekitar Rp 15 triliun (kurs Rp 14.000) di pengujung 2018. Suntikan tersebut berasal dari beberapa investor yakni SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea.

Lantas, untuk apa suntikan modal tersebut? CEO Tokopedia Wiliam Tanuwijaya mengatakan, dana tersebut bakal digunakan untuk membangun infrastruktur pergudangan.

"Infrastruktur sebagai teknologi, sebagai services tentunya kami ingin membangun pergudangan di seluruh Indonesia karena Tokopedia punya data, punya teknologi, jika kami bisa membangun pergudangan di seluruh Indonesia berbasis teknologi, gudang-gudang space tersebut bisa kami sewakan kepada 5 juta penjual tadi," kata dia dalam acara DBS Asian Insights Conference di Jakarta, Kamis (31/1/2019).


Dia mengatakan, dengan begitu penjual atau anggota bisa mengembangkan bisnisnya.

"Penjual keripik pisang di Aceh kemudian seakan-akan bisa memiliki toko cabang di seluruh Indonesia," ungkapnya.


Dia melanjutkan, adanya gudang itu bisa menekan harga jual produk. Di samping itu, juga memberikan dampak positif pada toko offline.

"Bisnis-bisnis offline pun akan mendapat benefit yang luar biasa, toko-toko kelontong tadi tidak perlu membangun pergudangan," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com