Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 02 Feb 2019 18:37 WIB

Ini Pernak-pernik Imlek yang Paling Banyak Diburu di Glodok

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Beberapa hari lagi masyarakat Tionghoa akan merayakan tahun baru China atau Imlek. Kawasan Glodok, Jakarta pun diserbu pembeli.

Apa saja barang favoritnya?

Salah satu pedagang, Alamsyah mengatakan dirinya berjualan pernak-pernik Imlek mulai dari angpao hingga lampion. Barang dagangan tersebut dijual mulai kisaran Rp 5.000 hingga Rp 1 juta.

"Ada macam-macam di sini. Amplop, gambar, stiker, lampion. Harganya juga Rp 5.000 sampai ada lampion itu Rp 1 jutaan," kata dia kepada detikFinance di lokasi, Jakarta, Sabtu (2/2/2019).


Lebih lanjut, ia mengungkapkan barang yang paling favorit diserbu masyarakat adalah angpao. Pasalnya, hal itu berkaitan dengan tradisi yang tiap tahun dilakukan.

"Paling utama itu amplop sih soalnya kan memang setiap tahun ngasih terus ya buat angpao," ungkapnya.

Selain itu, barang selanjutnya yang banyak dibeli adalah aksesoris imlek. Pasalnya, harganya dipatok murah Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

"Yang laku juga itu yang kecil-kecil, gantungan. Tiga Rp 5.000, tiga Rp 10.000 sama yang Rp 20 ribu ke bawah, yang murah," papar dia.

Senada dengan Alamsyah, Ina mengaku barang yang paling sering dicari pembeli, yaitu gantungan Imlek. Harganya pun dipatok Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

"Kaya gini (gantungan) ini favorit. Harganya tiga Rp 10.000 ada juga Rp 5.000 lah," papar dia.


Namun Ina mengungkapkan omzet pernak-pernik Imlek mengalami penurunan dibanding tahun lalu sebesar 10%. Hal itu dikarenakan berkurangnya minat belanja masyarakat.

"Sepi sekarang pada nggak ramai beli. Dulu kalau beli banyak sekarang dikit-dikit saja. Ya turun sekitar 10% lah," tutup dia. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com