Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Feb 2019 20:03 WIB

Bantu Maskapai Atasi Tiket Mahal, Perlu Dibentuk Dewan Penerbangan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pemerintah diminta kembali membentuk Dewan Penerbangan dan Antariksa Nasional Republik Indonesia (Denpari). Pembentukan dewan penerbangan ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di industri penerbangan dalam negeri.

Ketua Kompartemen Kebandarudaraan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Satrio Witjaksono menjelaskan bisnis penerbangan nasional sedang menghadapi masalah mahalnya harga tiket pesawat dan tarif bagasi. Menurut dia hal tersebut dilakukan untuk menjaga stabilitas bisnis maskapai penerbangan.

Menurut Satrio dewan juga akan berfungsi sebagai perkumpulan untuk menyatukan aspirasi pemangku kepentingan di industri penerbangan.

Saat ini komunikasi antara stakeholder masih kurang. Menurut dia dewan bisa mempercepat komunikasi dan memudahkan negosiasi.

"Tentunya dengan mempercepat komunikasi antara semua pihak itu bisa mengaktifkan kembali Dewan Penerbangan tersebut," ujar Satrio dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (9/2/2019).


Sekedar informasi, Depanri sebelumnya pernah dibentuk pada Oktober 1993. Kemudian dibubarkan pada Desember 2014 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 176 Tahun 2014.

Pengamat Penerbangan Chappy Hakim juga menilai perlunya ada dewan penerbangan di tingkat nasional. Menurutnya, hal ini agar sistem transportasi udara di Indonesia wajib diperbaiki, karena sebagai negara kepulauan, transportasi penerbangan menjadi eksistensi dari keberlangsungan NKRI.

"Kebijakan terbaik adalah harus mulai memikirkan di tingkat nasional ada sebuah dewan penerbangan," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Menurut Chappy, sistem transportasi udara yang baik diperlukan untuk mendorong pada pertumbuhan ekonomi dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Meski di sisi lain, transportasi udara juga menjadi peluang bisnis yang menarik.

Chappy menambahkan untuk menjaga ekosistem industri penerbangan tersebut, pemerintah dinilai perlu membentuk kembali Depanri untuk menyelesaikan masalah industri penerbangan.

"Kita kan harus mengumpulkan dulu masalahnya dan baru cari solusi yang tepat," jelas dia.

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com