Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Feb 2019 14:28 WIB

Sri Mulyani ke Pegawai Kemenkeu: Manusia Kalah dengan Robot

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikcom Foto: Danang Sugianto/detikcom
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa ada beberapa macam jenis pekerjaan konvensional bisa digantikan oleh robot. Hal itu juga menjadi tantangan bagi para birokrat.

Menurut Sri Mulyani, persoalan robot menggantikan peran orang di beberapa bidang pekerjaan pun sudah dibahas dalam pertemuan G20.

"Dunia dihadapkan konstelasi geopolitik yang membuat kehidupan berubah, termasuk ekonomi. Kita sudah bahas dalam forum G20 implikasi digital terhadap dunia," kata Sri Mulyani saat acara Seminar Transformasi Digital di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengaku bahwa adanya otomatisasi beberapa sektor pekerjaan pun menyebabkan peran manusia dalam suatu bidang pekerjaan kalah dengan robot.


"Karena ada otomatisasi, robot artificial intelligence, yang mampu mengerjakan tugas-tugas manusia, hampir semua bisa dikerjakan robot. Menyebabkan munculnya prediksi dan kekhawatiran, bahwa manusia akan berkompetisi bahkan kalah dengan robot," ujar dia.

Oleh karena ini, kata Sri Mulyani, seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan harus memahami dan menyesuaikan perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Penyesuaian tidak hanya dilakukan secara individu, melainkan juga dalam membuat sebuah kebijakan harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi.

"Kita harus memahami ini, mengantisipasi, mengelola, memanage, memanfaatkan. Kalau tidak kita ketinggalan. Ini tanggung jawab yang berat. Bagaimana policy respon kita, bagaimana mengantisipasi ini, bagaimana menyiapkan masyarakat. Kemenkeu harus punya kesadaran dan pemahaman tentang digital dan teknologi ini," ungkap dia.



Tonton juga video 'Soal Menteri Pencetak Utang, Jokowi Sanjung Sri Mulyani':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Insight With Desi Anwar
Insight With Desi Anwar Selengkapnya