Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Feb 2019 13:13 WIB

Darmin bakal Wakili RI di Forum Raja Karet

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikcom Foto: Puti Aini Yasmin/detikcom
Jakarta - Pemerintah terus berupaya untuk mendorong harga karet yang terus merosot. Salah satu caranya dengan mengikuti forum raja karet atau International Tripartite Rubber Council (ITRC) di Bangkok, Thailand.

Menurut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pemerintah tengah bersiap-siap ikut forum ini. Rencanannya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution akan datang untuk mewakili Indonesia.

"Ini untuk persiapan ITRC. Lagi di-set tanggalnya, sekitar tanggal 20-an sekian. Pak Menko (Darmin yang mewakili Indonesia)," kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (15/2/2019).


Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo mengungkapkan forum tersebut akan membahas dua topik, yakni terkait pembatasan ekspor dan peningkatan konsumsi karet dalam negeri.

Langkah itu dilakukan untuk mendorong harga karet yang terus jatuh akibat produksi yang berlebih.

"Jadi pembatasan ekspor dan peningkatan konsumsi dalam negeri, terutama dua yang dibahas," papar Iman.



Selain itu, Iman juga memastikan forum akan diselenggarakan pada 21 hingga 22 Februari ini di Bangkok, Thailand.

Sementara itu, pemerintah juga melakukan langkah lain guna memperbaiki harga karet seperti memberikan pembinaan kepada para petani karet agar produknya bisa diserap dengan harga yang tinggi. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com