Bicara Swasembada, Prabowo: Rakyat Tak Boleh Kelaparan

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jumat, 15 Feb 2019 17:25 WIB
Foto: Marlinda Oktavia Erwanti/detikcom
Semarang - Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan negara yang berhasil ialah negara yang bisa melakukan swasembada, baik swasembada pangan maupun energi.

"Dari yang ita pelajari negara-negara berhasil, dari negara-negara yang berhasil dalam sejarah ada komponen-komponen keberhasilan," kata Prabowo di dalam pidato kebangsannya di Grand Ballroom, Po Hotel Semarang, Paragon Mall, Jl. Pemuda, Semarang, Jawa Tengah., Jumat (15/2/2019).

Prabowo mengatakan, bahwa Indonesia perlu melakukan swasembada pangan. Sebab, kata dia, negara yang merdeka tidak boleh kekurangan pangan.


"Kita harus swasembada pangan, kita harus siapkan pangan untuk negara kita. Negara yang merdeka tidak boleh ada rakyat yang kelaparan. Negara berdaulat tidak boleh ada anak-anaknya kurang gizi," jelasnya.

Selain itu, kata Prabowo, Indonesia juga harus bisa swasembada energi. Negara, jelasnya, harus mampu menghasilkan kebutuhan energi sendiri tanpa bergantung pihak lain.


"Harus swasembada energi, harus bisa punya bahan bakar dari negara itu sendiri, bukan tergantung bangsa lain. Dan kita bertanya, apa mampu menghasilkan energi kita sendiri. Ternyata kita mampu," tuturnya. (fdl/hns)