Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 17 Feb 2019 23:09 WIB

Miliki Ribuan Ha Lahan, Prabowo: Daripada ke Asing Lebih Baik ke Saya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Calon presiden (Capres) nomor urut 01 Joko Widodo dalam debat capres menyinggung soal Prabowo yang menguasai lahan ratusan ribu hektare di Kalimantan Timur.

"Saya tahu pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur. Sebesar 220.000 hektare (Ha)," ujar Jokowi dalam Debat Capres Jilid 2 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Jokowi juga menyebut Prabowo memiliki lahan seluas 120.000 hektare di Aceh Tengah. Menurut Jokowi pembagian lahan tersebut tidak dilakukan di era pemerintahannya.



Di akhir acara debat, dalam pernyataan pamungkas calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengakui jika dirinya menguasai ratusan ribu hektare lahan. "Saya juga minta izin, tadi disinggung tanah yang katanya saya kuasai ratusan ribu di beberapa tempat. Itu benar, tapi itu hak guna usaha (HGU) itu milik negara," ujar Prabowo.

Prabowo menyebutkan karena berstatus HGU maka setiap saat negara bisa mengambil. Dia mengaku ikhlas jika harus mengembalikan tanah tersebut.

"Saya rela mengembalikan itu semua. Tapi daripada jatuh ke orang asing lebih baik saya kelola, karena saya nasionalis dan patriot, terima kasih," ujarnya.

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed