Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Feb 2019 17:57 WIB

Jokowi Sebut Ada 7 Unicorn di ASEAN, Ini Faktanya

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Halaman 1 dari 7
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Jakarta - Dalam debat Capres tadi malam, Joko Widodo (Jokowi) membanggakan startup unicorn di Indonesia. Dikatakan Jokowi, saat ini di ASEAN ada tujuh unicorn dan empat di antaranya berasal dari Indonesia.

Jokowi ingin Indonesia berperan dalam melahirkan unicorn baru. Unicorn sendiri adalah perusahaan rintisan atau startup yang valuasinya mencapai di atas US$ 1 miliar.

"Iya jadi perlu saya sampaikan bahwa dalam rangka memberikan dorongan kepada unicorn-unicorn Indonesia. Kita tahu di negara Asian ada tujuh unicorn dan empatnya ada di Indonesia," kata Jokowi dalam debat capres semalam.

Adapun empat startup Indonesia yang menyandang status unicorn yaitu Go-Jek, Bukalapak, Traveloka, dan Tokopedia. Lantas bagaimana unicorn lainnya di ASEAN?

Mengutip, laman Techsauce.co, Senin (18/2/2019), di kawasan Asia Tenggara sendiri terdapat 10 perusahaan startup yang menyandang status unicorn per Juli 2018, 4 di antaranya ada di Indonesia. Berbeda dengan pernyataan Jokowi yang menyebut ada 7 startup yang menyandang status unicorn di ASEAN.

Berikut daftar startup yang menyandang status unicorn di Asia Tenggara selain dari Indonesia: (fdl/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed