Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Feb 2019 13:22 WIB

Dituding Nikmati Triliunan dari Impor, Mendag: Ngapain Tanggapi!

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Ekonom Faisal Basri pernah menyebut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menikmati uang triliunan dari izin impor. Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita buka suara saat diminta komentar soal pernyataan itu.

"Ngapain tanggapi itu. Proses impor bagaimana sih? Dari keputusan rakor kan?," ujar Enggartiasto usai acara penandatanganan reaktivasi IK-CEPA dalam acara Indonesia-Korea CEO Business Forum di Shangri-La Hotel, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Pria yang akrab disapa Enggar itu menjelaskan kebijakan impor merupakan keputusan rapat koordinasi (rakor) di Kementerian Koordinator Perekonomian. Menurut Enggar dia tak pernah membuka keran impor, kecuali ada keputusan rakor yang mengizinkan impor.


Setelah ada keputusan rakor, maka Kementerian Perdagangan akan menyiapkan izin impor.

"Hanya izinnya (dari Kemendag) yang melakukan impornya Bulog. Ya jelasin begitu supaya tahu ini prosesnya adalah keputusan rakor menko" papar dia.

Sebelumnya Faisal Basri menuding Enggar menikmati triliunan rupiah dari impor beras, jagung, dan gula. Dia menyarankan Enggar tidak dipilih lagi jadi menteri atau dipecat dari sekarang.


"Mudah-mudahan Enggar nanti tidak dipilih lagi, atau dipecat dari sekarang. Dia buka impor gula, impor beras dan impor garam dapat triliunan dari tiga komoditi itu, lezat," kata Faisal dalam acara Mandiri Investasi di Ritz Carlton Pacific Place, Rabu (13/2/2019). (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed