Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Feb 2019 19:22 WIB

Benarkah RI Bisa Jadi Negara Kleptokrasi? Luhut: Pakai Logika

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto mengatakan Indonesia bisa menjadi negara kleptokrasi karena dikuasai kaum klepto. Namun, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membantah dan tak setuju dengan itu.

"Nggak benar sekarang dengan tax amnesty nggak bisa," kata dia usai pertemuan dengan Dubes Belanda di Raffles Hotel, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Lebih lanjut, ia mengimbau agar masyarakat seharusnya tidak menerima informasi begitu saja. Namun juga mesti melakukan pengecekan terlebih dahulu.


"Jadi kita juga kadang harus pakai logika juga. Jangan ditelan saja semuanya," ungkap dia.

Sebagai informasi, kleptokrasi sendiri adalah ungkapan pencurian uang yang dilakukan pemerintah dengan pungutan guna memperkaya diri sendiri.

Sebelumnya diberitakan, Prabowo sendiri menilai negara saat ini tengah dikuasai oleh kaum klepto. Menurutnya, gejala klepto sudah ada dan mulai terlihat.


"Indonesia ini jangan sampai menjadi kleptokrasi gejalanya sudah ada," kata Prabowo saat berbicara di hadapan ratusan Jamiyah Ahlith Thoriqoh Syathoriyah, Surabaya, Selasa (19/2/2019). (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed