Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Feb 2019 11:00 WIB

Bakal Ada Sirkuit MotoGP, Ekonomi di Mandalika Bisa Tumbuh 30%

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Mandalika (harianto/detikcom) Foto: Mandalika (harianto/detikcom)
Jakarta - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan membangun sirkuit MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Diprediksi pembangunan tersebut akan mendorong perekonomian daerah hingga 30%.

Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, Hadi Sucahyono mengatakan pada dasarnya pembangunan di kawasan Mandallika sepenuhnya tanggung jawab ITDC sebagai pengelola. Sedangkan pemerintah hanya memfasilitasi di luar daerah pengembangan.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan penataan kawasan nelayan. Misalnya dengan membangun taman bermain hingga menjalankan program bedah rumah.


"Jadi pemerintah mendukung kawasan di luar itu. Saat ini dukungan kita penataan kampung nelayan di Kuta dekat situ, supaya nggak ada kesenjangan. Misalnya ada perbaikan jalan, taman bermain lalu ada rumah swadaya, seperti bedah rumah," jelas dia kepada detikFinance, Jumat (22/2/2019).

Berkat hal itu, ia memperkirakan akan ada pertumbuhan ekonomi daerah hingga 30%. Sebab, masyarakat sekitar akan turut membuka toko hingga jasa travel.

"Kalau menurut saya itu bisa tumbuh 20% sampai 30% karena bayangkan di sana bikin warung, pentaan kampung juga bisa jadi homestay kan buat backpacker, bikin toko souvenir, dan jasa travel lainnya," papar dia.


Seperti diketahui, pembangunan sirkuit MotoGP akan dilakukan di bulan Oktober ini. Sehingga targetnya dapat digunakan untuk penyelenggaraan MotoGP di tahun 2021.

Bakal Ada Sirkuit MotoGP, Ekonomi di Mandalika Bisa Tumbuh 30%
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed