Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 24 Feb 2019 19:33 WIB

Kapal Ilegal Diduga Ikut Terbakar di Pelabuhan Muara Baru

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Ilustrasi Kapal Terbakar Foto: Muslimin Abbasn/detikcom Ilustrasi Kapal Terbakar Foto: Muslimin Abbasn/detikcom
Jakarta - Beberapa kapal yang terbakar di Pelabuhan Muara Baru diduga ilegal. Sebagaimana diketahui, puluhan kapal di pelabuhan tersebut terbakar kemarin, Sabtu (23/2/2019).

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Zulficar Mochtar mengatakan, ada 3 kapal yang diduga ilegal. Sebab, kapal-kapal tersebut tidak terdata dalam daftar perizinan di KKP maupun Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Tiga kapal yang dimaksud yakni, Pesisir Andalan 3, Indo Prima 5, Indo Prima 6.

"KM Pesisir Andalan 3, Indo Prima 6 dan Indo Prima 5 diduga ilegal. Karena tidak terdata dalam perizinan KKP maupun di Kemenhub," kata dia kepada detikFinance, Minggu (24/2/2019).


Sementara, kepolisian mencatat total kapal yang terbakar dalam insiden ini mencapai 34 kapal. Kebakaran itu disebabkan oleh pengelasan di salah satu kapal ikan yang bersandar di pelabuhan.

"Jadi keseluruhan bangkai kapal sebanyak 34 kapal, terdiri dari 7 kapal di luar kolam dan 27 kapal di dalam kolam," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Minggu (24/2/2019).


Jumlah kapal tersebut diketahui setelah polisi melakukan pengecekan ke lokasi.

"Adapun maksud dan tujuan dilakukannya pengecekan terhadap bangkai kapal adalah untuk mengetahui jumlah riil kapal yang terbakar," tuturnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com