Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 25 Feb 2019 09:47 WIB

Daftar Negara yang Ekonominya Tumbuh dan Rontok di 2019

Danang Sugianto - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Hasan Alhabshy Ilustrasi/Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Turunnya prediksi pertumbuhan ekonomi di beberapa negara besar membuat goyang beberapa pasar saham dunia. Apalagi dua negara dengan ekonomi besar diperkirakan pertumbuhannya juga akan menyusut tahun ini.

Melansir The Economist, Senin (25/2/2019), Economist Intelligence Unit (EIU) telah mengeluarkan data proyeksi pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia. Hasilnya dua ekonomi terbesar yakni Amerika Serikar (AS) dan China pertumbuhannya menurun.

Ekonomi AS tahun ini diperkirakan tumbuh sebesar 2,3%. Proyeksi itu secara substansial turun dari yang diproyeksikan pada tahun lalu sebesar 2,9%.

Penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi AS itu dikarenakan Bank Sentral AS, Federal Reserve yang melakukan pengetatan kebijakan moneter serta efek dari pemotongan pajak tahun lalu.

Sementara pertumbuhan ekonomi China tahun ini diperkirakan 6,3%. Angka itu masih di bawah pertumbuhan ekonomi di 2018. Penyebabnya lantaran banyaknya kekhawatiran memburuknya perang dagang dengan AS dan kampanye China untuk mengendalikan hutang.



Sementara Eropa menurut EIU masih menyajikan gambaran yang lebih suram. Inggris, yang akan meninggalkan Uni Eropa pada bulan Maret diperkirakan akan tumbuh 1,5%, Prancis menghadapi ketidakpastian yang lebih sedikit tetapi ongkosnya tidak lebih baik.

Italia, sebuah kekecewaan ekonomi yang abadi, diperkirakan pertumbuhannya tahun ini hanya 0,4%. Itu menjadikannya pemain terburuk ketujuh dalam tabel perkiraan EIU.

Tidak semua ekonomi negara di dunia memburuk. Ada beberapa yang diperkirakan menguat drastis ada pula yang bahkan ekonominya turun.



Berikut 5 negara dengan ekonomi yang tumbuh pesat dan menyusut di tahun ini menurut prediksi EIU:

Proyeksi 5 negara dengan pertumbuhan ekonomi pesat

- Suria 9,9%
- Bangladesh 7,9%
- Bhutan 7,4%
- India 7,4%
- Rwanda 7,3%

5 negara yang ekonominya akan menyusut tahun ini:

- Venezuela -5,7%
- Yaman -4,2%
- Iran -3,7%
- Guinea Khatulistiwa -2,5%
- Argentina -0,8% (das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com