Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 01 Mar 2019 17:00 WIB

Penjelasan Alfamart Soal Biaya Kantong Plastik

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Kartika Tarigan Foto: Kartika Tarigan
Jakarta - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart ikut memberi penjelasan mengenai kebijakan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) alias berbayar mulai hari ini. Biaya minimal dari kantong plastik itu sebesar Rp 200.

Corporate communication Specialist Retriantina Marhendra mengatakan, saat ini status kantong plastik masuk menjadi bagian dari barang yang diperdagangkan.

"Kantong plastik diberlakukan menjadi barang dagangan seperti barang lainnya ada di toko," kata Retriantina kepada detikFinance, Jumat (1/3/2019).

Alfamart sendiri saat ini menerapkan biaya Rp 200 untuk setiap buah kantong plastik. Sebelumnya, Alfamart masih menerapkan biaya Rp 500 per kantong plastik pada pagi tadi.


Tapi kemudian Alfamart menurunkan biayanya menjadi Rp 200 per buah.

"Apabila konsumen tidak membawa tas belanja sendiri dan membutuhkan kantong plastik dapat membeli dengan harga Rp 200," katanya.

Lebih dari itu, Retriantina mengatakan pembeli bisa membawa kantong belanjaan pribadi untuk bisa mengurangi penggunaan plastik.

"Masyarakat bisa ikut berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan untuk mengurangi konsumsi kantong plastik dengan menggunakan tas belanja belanja sendiri saat ingin berbelanja, kami juga menyediakan tas reusable dengan harga yang terjangkau sebesar Rp 3.500," tuturnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com